Jumat, 21 Juli 2017

Tips Aman, Nyaman dan Cepat Menggunakan Gampang Toko dan Gampang Toko SE




Sebagai pengusaha yang menjual produk tentu saja yang kita harapkan saat menggunakan sebuah program kasir dan sistem informasi toko adalah pekerjaan kita lebih ringan, lebih cepat dan lebih aman dari kesalahan. Tidak jarang kita salah dalam mengoperasikan program sehingga penggunaan program tidak maksimal dan bahkan seringa bermasalah. Jika hal itu terjadi silahkan baca tips-tips berikut yang mungkin bermanfaat bagi Anda:
  1. Gunakan Sistem Persediaan FIFO Perpetual
    Sistem Persediaan FIFO Peperpetual pada Gampang Toko dan Gampang Toko SE menghitung HPP produk terjual pada setiap item yang terjual sehingga lebih mudah dimonitor daripada Sistem Persediaan Periodik yang hanya memeriksa HPP pada setiap awal dan akhir periode saja. Selain itu perhitungan HPP FIFO pada Gampang Toko dan Gampang Toko SE menggunakan cara yang cerdas sehingga ketika ada qty barang minus dia tetap menggunakan HPP Satuan pada arus stok terdekatnya sehingga lebih akurat.
    Untuk mengubah setting sistem persediaan lewat menu Control > Setting Point of Sale, masuk ke halaman Persediaan dan pilih Sistem Persediaan FIFO Perpetual lalu klik OK.
  2. Sediakan Waktu Untuk Memonitor Laba-Rugi Produk Yang Terjual lewat Laporan Rekap Laba-Rugi Sederhana Per Produk
    Laporan ini sangat simpel dan membantu dalam mengontrol margin maupun menemukan kesalahan penginputan. Misalnya ketika ditemukan margin yang tidak wajar atau minus kita bisa memeriksa di laporan kartu stok apakah karena kesalahan input stok atau salah setting harga jual dan bisa segera diperbaiki.
    Selain itu dengan mengetahui Laba-Rugi penjualan Anda bisa memperkirakan pengeluaran yang dilakukan misalnya gaji pegawai, tagihan listrik, tagihan internet dan lainnya.
    Untuk membuka laporan rekap laba rugi sederhana per produk, klik Laporan > Laporan Penjualan > Laporan Rekap Laba-Rugi Sederhana Per Produk.
  3. Gunakan Tingkat Akses Kasir Untuk Pengguna Kasir
    Pembedaan tingkat akses untuk kasir dan owner memungkinkan untuk membatasi izin akses kasir misalnya tidak bisa mengedit dan menghapus transaksi penjualan maupun mengakses master data obat, jasa dan paket. Sedangkan owner atau manajer bisa menggunakan tingkat akses Administrator sehingga tetap bisa mengakses seluruh sistem. Dengan membatasi tingkat akses untuk masing-masing pengguna memungkin untuk mengurangi kesalahan dan kecurigaan penginputan transaksi penjualan oleh kasir.
    Untuk membuat akun pengguna untuk tiap-tiap pemakai atau kelompok pemakai caranya klik Control > Setting Multiuser. Untuk menyesuaikan masing-masing tingkat akses caranya klik Control > Setting Tingkat Akses.
  4. Biasakan Untuk Membackup Database Ke Flash Disk minimal Sebulan SekaliBackup database sangat penting karena kita tidak tahu kapan terjadinya kerusakan hard disk pada komputer sehingga ketika terjadi kita masih bisa menyelamatkan database kita.
    Untuk melakukan backup database secara manual klik menu Sistem > Backup Database, kemudian pilih folder atau flash disk tempat menyimpan backup database.
  5. Masukkan HPP di Master Barang sebelum memasukkan Qty Persediaan Barang
    Ketika kita memasukkan Qty Persediaan Barang pastikan sebelumnya kita memasukkan HPP satuan barang tersebut karena kalau tidak perhitungan HPP akan menghitung bahwa HPP barang yang masuk adalah nol dan untuk memperbaikinya harus menghapus history HPP 0 tersebut dan melakukan rekalkulasi cost of good sold yang tidak diperlukan.
 Sekian tips yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar